.

.
.

Sabtu, 14 Desember 2013

PENTINGNYA PETA EVAKUASI GEMPA UNTUK DAERAH MERAH


Bengkulu, FlamboyanFM. Seperti diketahui tsunami yang melanda Propinsi Nangroe Aceh Darusalam beberapa tahun yang lalu tepatnya tanggal 26 Desember 2004, banyak sekali menimbulkan korban jiwa, akibat terjadinya gempa besar yang melanda daerah itu.


Propinsi Bengkulu juga dikenal sebagai daerah merah, yaitu daerah yang sangat rawan gempa, dan tsunami, oleh karenanya sangat diperlukan suatu bentuk peta evakuasi, demi meminimalisir banyaknya korban jiwa yang jatuh akibat kejadian tersebut.

Dalam hal ini BPBD Bengkulu yang dibantu oleh Mercy Corp telah membuat draft peta evakuasi gempa dan tsunami Kota Bengkulu. Dimana dalam contoh draft peta yang telah disusun itu, didalamnya juga terdapat jalur evakuasi, tempat berkumpul, serta lokasi-lokasi aman untuk mengungsi, bila terjadi gempa dan tsunami yang melanda Bengkulu.

Kepala BPBD Bengkulu Drs. Baksir MM menjelaskan,"nantinya peta yang dibuat akan berisi keterangan daerah daerah mana saja yang rawan tsunami, daerah tempat berkumpul, serta lokasi yang aman untuk mengungsi," jelasnya dalam acara Workshop Peta Evakusi Tsunami Kota Bengkulu.(12/12)

Sementara itu pihak Mercy Corps selaku pihak yang berperan penting dalam penyusunan draft peta evakuasi gempa dan tsunami ini, mengatakan bahwa salah satu indikator kesiap siagaan kita dalam menghadapi bencana ini adalah tersedianya peta jalur evakuasi Gempa dan tsunami ini, demikian dikatakan oleh Team Leader Mercy Corps, Andi Ikhsan.

Dan harapannya nanti bila draft peta evakuasi ini disetujui, setelah adanya masukan dan penambahan kekurangan lokasi atau tempat dalam peta dari pihak-pihak terkait, khususnya SKPD dan stakeholder yang berkaitan erat dengan masalah kebencanaan ini, Selanjutnya nanti Mercy Corps dan BPBD Bengkulu akan memperbanyak dan mendistribusikan kesemua pihak, untuk kepentingan bersama, khususnya masyarakat kota Bengkulu dan masyarakat Propinsi Bengkulu pada umumnya, sehingga pada saatnya nanti bisa digunakan dan masyarakat akan tahu arah petunjuk kemana mereka akan mengungsi dan menyelamatkan diri demi meminimalisir banyaknya korban jiwa .
(Imsan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Portal KBR

BERITA NHK RADIO JAPAN

Berita Rakyat Bengkulu

Berita Kesehatan

Berita Olahraga

Berita Sepakbola

FLARAS TOP HITS ( Ajang Tanding Lagu Pribumi )

INILAH 10 LAGU FLARAS TOP HITS.

Pekan KE 44 - . Edisi 03 Nopember 2013

1. Repvblik - Selimut Tetangga. (Jawara Minggu Ini)

2. Bams - Selalu Mencintaimu.

3. Java Jive - Keliru.

4. De'Neno - Berhasil sakitiku.

5. Cynthia - Tak Ada Jawabnya

6. Nikita Willy - Surat Untuk Tuhan

7. Alika - Aku Pergi.

8. SAMMY SIMORANGKIR - Kau harus bahagia.

9. Judika ft Duma - Sampai Akhir.

10.Samsons - Di ujung jalan.

Lagu Keluar : Ildo - Dibuang Sayang

Setiap hari minggu pagi jam 08.00 s/d 09.00 teng bareng Bang Fikrie Pratama

Popular Posts

Terimakasih atas kunjungan anda di Radio Flamboyan FM Bengkulu - Radionya Temen Muda dan Keluarga Bengkulu - Frekuensi Channel : 105,9 MHz - Call Sign : PM 3 FEI +++++++++++